Mengapa 5 jenis bahan kain ini sering digunakan untuk pembuatan seragam kerja?

Posted on Posted in Kemeja, Seragam

Pemilihan kain bahan seragam kerja sangatlah penting, selain mempengaruhi kenyamanan kerja, seragam juga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan anda. Anda sebagai orang yang terlibat di dalamnya harus mempedulikan kenyamanan karyawan anda sehingga mereka akan mengahasilkan kinerja yang maksimal.

 

Kenyamanan seragam kerja juga didukung dengan kain bahan seragam kerja yang nyaman. Untuk anda yang ingin membuat seragam untuk karyawan anda, Berikut ini alasan mengapa kebanyakan bisnis menggunakan 5 jenis kain bahan seragam kerja ini:

  1. Katun

Kain katun jenis knitting (rajut) berbahan dasar dari serat kapas. Kain berbahan katun memiliki beberapa kelebihan bahannya dingin, dapat menyerap keringat dengan sangat baik, tidak mudah kusut, tidak berbulu, tidak luntur, dan mudah disablon. Tapi, bahan katun, tipis sehingga mudah sobek.

  1. Drill

Kain drill termasuk kain yang cukup tebal, dulu kain ini sering digunakan sebagai bahan seragam militer. Untuk segi harga dan kualitas, kain drill ini menyesuaikan dengan bahan dasar yang dipakai. Semakin banyak kadar katun dalam kain maka semakin mahal harganya.

 

Jenis-Jenis Kain Drill

Berdasarkan besar kecilnya serat kain, kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut :

 

  • Kain Twist Drill atau Kain Drill Serat Kecil

Kain ini memiliki karakter tahan air (water repellent). Biasanya kain twist drill ini digunakan untuk jaket almamater dengan resleting sehingga jaket ini dapat digunakan untuk kegiatas outdoor juga.

 

  • Kain American Drill atau Kain Drill Serat Sedang

Jika kain twist drill memiliki ketahanan dengan air maka kain American drill ini memiliki permukaan kain yang lebih lembut. Biasanya kain American drill juga digunakan untuk membuat jas almamater, bisnis otomotif juga biasanya memakai kain jenis ini.

 

  • Kain Japan Drill atau Kain Drill Serat Besarbahan seragam kerja, bahan kain seragam kerja, kain yang bagus untuk seragam kerja,  jenis kain drill

Kain drill jenis ini memiliki karakter yang lebih kuat dantebal jika dibandingkan dengan kain jenis lainnya. Kain Japan Drill yang paling disukai adalah yang  komposisinya lebih banyak terbuat dari katun. disisi lain jika dibandingkan dengan Japan Drill yang memiliki kandungan polyester lebih banyak jenis ini mempunyai serat yang baik hingga pada saat di print mempunyai warna yang cerah dan tahan terhadap warna pudar waktu di cuci atau di jemur. Biasnya jenis kain drill ini banyak digunakan mereka yang bergerak dalam bisnis resto dan media.

  1. Tropical

Banyak seragam kantoran yang menggunakan jenis kain ini. Berbagai macam merk; Taipan trop, Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop, dsb. Dari merk di atas, yang paling mahal dan bagus adalah taipan tropical. Selain kainnya lebih lembut, ada lebih dari 150 warna yang diberikan. Untuk saat ini kisaran harganya antara 36-40ribu/meter. Harga yang amat fantastis. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar menggunakan bahan ini untuk seragam para karyawannya.

 

  1. Kanvas

Kanvas masih masuk dalam keluarga cotton, lebih tepatnya katun dan linen. Kain kanvas memiliki tekstur cukup tebal  dan berat tapi cukup nyaman dipakai sebagai seragam, biasanya digunakan sebgaai seragam lapangan. Selain itu, bahan ini sering dipakai sebagai bahan jakat pendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya.

 

  1. Castilo

Bahan drill castilo merupakan bahan yang bagus dengan harga yang ekonomis, memiliki karakteristik yang lembut dan tahan kusut, memiliki permukaan yang berbeda antara bagian depan dan belakang, tenunannya lebih kuat dan rapat sehingga dipastikan seragam kerja yang terbuat dari bahan castilo lebih awet dan kuat